Anggota DPR minta pemerintah dialog intensif terkait LCS

Anggota DPR minta pemerintah dialog intensif terkait LCS
Jakarta (ANTARA) РAnggota Fraksi PKB DPR, Marwan Jafar, meminta pemerintah Indonesia harus terus melakukan dialog secara intensif dalam menyikapi masuknya armada kapal perang dari China dan Amerika Serikat di Laut China Selatan (LCS).

Ia menilai pemerintah harus memberikan perhatian serius terkait meningkatnya tensi politik di LCS saat ini. “Karena ini melibatkan negara adidaya, Indonesia harus bisa melakukan diplomasi yang ‘lunak’ supaya persoalan tidak berlarut-larut,” kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kapal perang AS berlayar di dekat pulau-pulau Laut China Selatan

Ia menjelaskan dengan munculnya armada-armada dari China dan Amerika di Laut Cina Selatan, dalam rangka seaward harus menjadi perhatian serius Indonesia supaya saling memahami sekaligus bisa memahami komunikasi yang insentif.

Ia mengatakan, langkah yang tidak kalah penting adalah Indonesia harus tetap memainkan politik aktif sebaik-baiknya, sambil mempersiapkan peralatan senjata yang lebih modern dan efektif.

Baca juga: Filipina, AS akan bahas penyelesaian perjanjian kunjungan pasukan

“Termasuk melatih prajurit dalam menggunakan senjata yang modern. Selain itu, harus didorong dalam tingkat regional dan internasional, meskipun agak sulit, siapa tahu dalam dialog itu menghasilkan solusi,” ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi-PM Muhyiddin tekankan stabilitas di Laut China Selatan

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Baca:  KPU Tangsel minta MK tolak permohonan Muhammad-Saraswati