Cak Imin teringat Gus Dur yang tidak merasa lebih baik dari yang lain

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengenang Presiden keempat Indonesia, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), sebagai sosok yang tidak pernah merasa lebih baik dari yang lain.

Hal itu diungkapkan Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar, saat Galia ke-11 bersamaan dengan tahun Hijriah di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin.

“Dulu saya berpidato dengan antusias. Namun, pidato Gus Dur diluruskan. PKB, kata Gus Dur, adalah tempat orang-orang baik, juga tempat orang-orang yang ingin berbuat baik,” kata Cak Imin.

Baca juga: Makam Gus Dur di Jombang Masih Tertutup Untuk Jemaat

Perbuatan Gus Dur yang wafat pada 14 Muharram 1431 Hijriah ini, menurut Cak Imin, harus terus diserap, diapresiasi, dan diperhatikan.

“Membaca sejarah Gus Dur sama dengan membaca sejarah bangsa,” kata Cak Imin.

Karena masih banyak hal yang masih bisa dipelajari dari Gus Dur. Entah sejarah panjang perjuangan Gus Dur, gerak pemikiran, kajian, keinginan menjadi penghasil ilmu.

Baca juga: Said Aqil punya ingatan terakhir Gus Im

Menurut Cak Imin, tiga hal penting yang diperjuangkan dan dinikmati Gus Dur saat ini adalah demokrasi, hak asasi manusia, dan persamaan di depan hukum.

“Hari ini kita sangat menikmatinya. Meski hukum tetap harus diperjuangkan. Pemikiran Gus Dur itu harus doktrin, kalaupun nilai-nilai ajaran Gus Dur itu politik dan pujian. Dan kita harus berjuang bersama. Kemanusiaan, Kata Cak Imin yang hampir hadir di acara Haul Gus Dur yang digelar PKB DPP, Jakarta.

Acara Pengangkatan Gus Dur diawali dengan pemberian santunan kepada 200 anak yatim piatu yang diserahkan kepada para delegasi. Selanjutnya Khataman Al-Quran dan Doa. Pukul 19.00 WIB, KH Syaifullah Maksum, Sekretaris DPP PKB Syuro memimpin langsung tahlil, yasinan dan manakib Gus Dur.

Baca:  Syarief Hasan: MPR berkomitmen menjadi stiker nasional

Baca juga: Sahroni: Kutipan Gus Dur di Polri Nasehat untuk Institusi

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid atau Gus Jazil, Wakil Ketua DPP PKB, Hanif Dhakiri, Sekjen DPP PKB, Hasanuddin Wahid, Ketua PKP DPP PKP Bidang Penguatan Pelaksana, Hukum dan Struktur Kepartaian, Abdul Halim Iskandar. Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Bambang Susanto, Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang, Ketua Agama dan Dakwah, Syaikhul Islam, dan Lukman Hakim.

Cak Imin bersyukur karena di tengah cobaan dan serangan pandemi Covid-19, PKB tetap mampu melaksanakan Gus Dur's Hold dengan semangat dan penuh berkah.

Reporter: Abdu Faisal
Editor: Ade P Marboen
HAK CIPTA © ANTARA 2020