Cawali Machfud Arifin berkomitmen untuk menghidupkan kembali pasar animasi yang ditangguhkan di Surabaya

Cawali Machfud Arifin komitmen hidupkan pasar mati suri di Surabaya

Surabaya (ANTARA) – Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin berkomitmen untuk menghidupkan kembali pasar animasi tradisional di Kota Surabaya, Jawa Timur, jika terpilih pada Pemilu 2020.

Machfud Arifin di Surabaya, Senin, mengatakan banyak pasar tradisional di Surabaya yang kondisinya memprihatinkan akibat salah urus.

Hal inilah yang akhirnya menyebabkan pasar di Surabaya menjadi mati suri, ujarnya.

Baca juga: Pengamat: Kombinasi Gajah dan Gajah di Pilkada Surabaya

Menurut dia, sebagian besar pasar yang dikuasai Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tenaga Surya Surabaya tidak dalam kondisi baik. Dari 57 pasar di Surabaya, lanjutnya, 15 pasar dianimasikan.

"Suspensi animasinya ada di sekitar 15 pasar, yang lain seperti itu. Ini situasi pasar di Surabaya," ujarnya.

Dia mencontohkan pasar di kawasan Manukan, Surabaya, yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

“Kemarin (11/10), saya pergi ke pasar di Kabupaten Manukan. Saya prihatin dengan situasi pasar. Tidak ada satu pasar pun yang bisa membuat pedagang dan pembeli merasa nyaman,” ujarnya.

Baca juga: Machfud-Mujiaman menjanjikan dana stimulus Rp 1 juta untuk setiap rumah tangga di Surabaya

Salah satu pasar di Surabaya yang menjadi pasar mati suri adalah Pasar Turi. Padahal, Pasar Turi pernah menjadi ikon kota Surabaya. “Pasar Turi sekarang Pasar Turu (tidur). Padahal, Pasar Turi harusnya bisa menampung tenaga kerja yang sangat banyak,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, keadaan juga diperparah dengan adanya pasar darurat di pinggir jalan tepat di depan Pasar Turi. “Fungsi jalan tersebut sekarang digunakan untuk pasar darurat selama bertahun-tahun. Situasi seperti ini sangat mengkhawatirkan,” ujarnya.

Machfud mengatakan, banyaknya pasar dengan kondisi yang tidak sesuai akan menjadi salah satu prioritas bagi pasangan calon walikota dan wakil walikota Surabaya Machfud Arifin dan Mujiaman (Maju) untuk berbenah.

Baca:  PDIP Gampir 212 Sekolah Pesta Cakada dengan materi Pancasila

Situasi seperti ini yang harus kita perbaiki ke depan. Mengubah Pasar Turu menjadi Pasar Turi, ujarnya.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Berharap Cawali Surabaya Menciptakan Pendidikan Inklusif

Pilkada Surabaya 2020 dihadiri pasangan calon Walikota dan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi dan Armuji. Pasangan nomor urut 1 dibawa PDI Perjuangan dan didukung PSI. Selain itu, mereka juga mendapat tambahan kekuatan dari enam parpol non parlementer, yakni Parti Bulan Bintang (PBB), Parti Hanura, Parti Berkarya, PKPI, dan Parti Garuda.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman dibawa oleh koalisi delapan partai yaitu PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Partai Demokrat, dan Nasdem serta didukung oleh partai non parlementer yaitu Partai Perindo.

Reporter: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
HAK CIPTA © ANTARA 2020