Gerindra: Tiga gubernur dalam survei Indikator sama-sama bersepeda

Gerindra: Tiga gubernur di survei Indikator sama-sama bersepeda

Jakarta (ANTARA) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Gerindra, Sodik Mudjahid, menangkap fenomena serupa di antara tiga gubernur paling ternama dalam kajian Indikator Politik Indonesia, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Anggota Komisi II DPR RI mengatakan Anies diberi skor 72,9 dari 100 untuk faktor evaluasi. rasa krisis, RK yang mendapat nilai 72.1 dari 100, dan Ganjar yang mendapatkan nilai 72.0 dari 100, keduanya tampil di depan umum dengan bersepeda.

“Saya lihat (Ganjar) Pranowo juga naik sepeda. Ridwan Kamil juga begitu, begitu juga Anies,” kata Sodik dalam diskusi online tentang Indikator Politik Indonesia di Jakarta, Kamis (20/8).

Sodik mengatakan, fenomena bersepeda menunjukkan ketiganya berhubungan langsung dengan masyarakat.

Namun tidak hanya dari satu sisi, Sodik juga mencatat beberapa keunggulan ketiga gubernur tersebut dari segi kebijakan, respon, koordinasi, dan komunikasi kepada masyarakat dibandingkan dengan daerah lain.

“Saya wajar melihat tiga gubernur (menonjol). Kenapa? Karena gubernur juga aktif, gubernur juga pintar, gubernur juga berhubungan langsung dengan masyarakat,” kata Sodik.

Sementara itu, kata Sodik, tinjauan terhadap Indikator menunjukkan bahwa Jatim kurang terlihat dalam implementasi kebijakannya terkait pandemi COVID-19.

Jawa Timur menempati posisi terendah dari 10 provinsi yang melaksanakan PSBB, dan terendah dalam semua aspek penilaian. Jawa Timur hanya mendapat skor 53,9 dari 100.

Sodik mempertanyakan mengapa kinerja Jawa Timur dievaluasi dengan buruk dalam tinjauan Indikator. Ia mengatakan, mungkinkah karena ada rumor yang beredar bahwa ada konflik antar perempuan di Jawa Timur?

"Ada pendapat, kenapa karena katanya banyak konflik antara perempuan antara gubernur dan walikota, itu mempengaruhi pencapaian?" kata Sodik.

Baca:  Kilus NusAntara Malam

Baca juga: Median: Pilihan Utama Prabowo di Pilpres, Anies Mengikuti

Meski begitu, anggota Tim Pemantau COVID-19 DPR tetap bersyukur atas survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, sehingga bisa menjadi masukan yang obyektif bagi DPR dan masyarakat.

“Kita juga bersyukur ada gubernur yang pandai menangani mereka. Semoga merata. Yang jelas kemampuan mereka dalam menangani COVID-19, tes multidimensi ini menunjukkan kemampuannya memimpin bangsa Indonesia di masa depan, bersama dengan para pemimpin lain di tingkat pusat. , "dia berkata.

Baca juga: Studi polmatriks: Bupati mengontrol pemilihan enam besar calon presiden

Baca juga: Sekilas: Prabowo, Ganjar, dan Ridwan Kamil adalah calon kuat Pilpres 2024

Baca juga: Sekilas: Prabowo jadi calon terkuat, disusul Ganjar dan Ridwan Kamil

Reporter: Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
HAK CIPTA © ANTARA 2020