Gubernur Jawa Timur mengangkat Sekretaris Daerah Sidoarjo sebagai Bupati Plh

Gubernur Jatim tunjuk Sekda Sidoarjo sebagai Plh Bupati

Surabaya (ANTARA) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menunjuk Sekretaris Daerah Sidoarjo Achmad Zaini sebagai Bupati Pelaksana Harian (Plh) pasca meninggalnya Pjs (Plt) Nur Ahmad Syaifuddin.

Sedangkan Plt Bupati Sidoarjo adalah Sekretaris Achmad Zaini, ujarnya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Sabtu malam.

Gubernur Khofifah yang saat ini sedang melakukan kunjungan dinas ke Jakarta juga mengatakan pihaknya akan segera menyerahkan tiga nama kepada Mendagri untuk diangkat menjadi Bupati hingga Pemilu 2020 mendatang.

Baca juga: Plt Bupati Sidoarjo meninggal dunia di RSUD Sidoarjo
Baca juga: Pemkab Sidoarjo Optimis "Sidoarjo Siap 24 Jam" Tekan COVID-19
Baca juga: IOM salurkan bantuan APD ke RSUD Sidoarjo dan Puskesmas

Cak Nur, panggilan Bupati Sidoarjo, dinyatakan meninggal pada Sabtu sore pukul 15.30 WIB usai menjalani perawatan intensif di RSUD Sidoarjo.

Almarhum, kata dia, dipastikan meninggal setelah terinfeksi COVID-19 dan akan dimakamkan sesuai prosedur dan protokol kesehatan.

Cak Nur menjabat sebagai Plt Bupati Sidoarjo pada awal tahun 2020 menggantikan Bupati Saiful II yang ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus korupsi terkait perolehan proyek infrastruktur di Kantor PUPR setempat.

Gubernur Khofifah berdoa agar semua amalan almarhum semasa hidupnya diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosa dan kesalahan.

“Almarhum diberi ruang untuk kuburan, dan masuk surga. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga ikhlas dan tabah menerima penderitaan ini,” kata orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu.

Mantan Menteri Sosial ini juga menyampaikan belasungkawa melalui video dan mengatakan bahwa sepanjang hidupnya almarhum adalah pekerja yang sangat keras.

“Saya ikuti pola kerjanya, apalagi saat pandemi COVID-19. Dulu saya telepon sama dia, 2-3 kali sehari pas dia dipastikan positif di Sidoarjo mulai meningkat,” ujarnya.

Baca:  Ketua MPR mengingatkan mahasiswa Trisakti untuk melindungi ideologi negara

Reporter: Fiqh Arfani
Editor: M Arief Iskandar
HAK CIPTA © ANTARA 2020