Hasil rekapitulasi Pilkada Sumenep, Fauzi-Eva menang

Sumenep (ANTARA) – Pasangan calon nomor urut 01 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah memperoleh 23.200 suara dibandingkan pasangan calon 02 Fattah Jasin-KH Ali Fikri berdasarkan hasil rekapitulasi manual yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sejak Rabu (16/12) hingga Kamis (17/12) malam di Hotel Utama Sumenep.

Fauzi-Dewi Khalifah mendapatkan 319.876 suara, sedangkan Fattah Jasin-KH Ali Fikri mendapatkan 296.676 suara.

“Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, rekapitulasi di tingkat KPU sudah selesai malam ini, dengan perolehan suara terbanyak diraih pasangan Fauzi-Eva,” kata Komisioner KPU Sumenep Rafiqi, Kamis malam.

Jumlah suara sah sebanyak 616.552 suara, dan suara tidak sah 7.300 suara. Sejauh ini jumlah penduduk Sumenep yang menggunakan hak pilihnya pada pemilu kali ini sebanyak 623.852 orang dari total 822.320 pemilih yang terdaftar.

Baca juga: Rekapitulasi KPU Tubapit: Lindra-Riyadi Cemerlang
Baca juga: Benjamin-Pilar Raih Suara Terbanyak di Pilkada Kabupaten Tangerang Selatan
Baca juga: Gus Ipul-Adi memenangkan Pilkada di Kota Pasuruan

Sementara, sebanyak 189.468 warga Sumenep tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Data hasil rekapitulasi manual yang diperoleh Sumenep Pilkada sedikit berbeda dengan data di Sistem Informasi Rekapitulasi Pemungutan Suara (Sirekap).

Hasil KPU Sumenep Sirekap menyatakan pasangan calon nomor urut 01 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah memperoleh 23.194 suara dibandingkan dengan pasangan nomor urut 02 Fattah Jasin-KH Ali Fikri, dengan 319.541 suara untuk pasangan calon Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah dan pasangan calon Fattah Jasin-KH Ali Fikri mendapat 296.347 suara.

Fauzi menang di 18 distrik. Masing-masing di Sumenep, Kalianget, Manding, Talango, Bluto, Lenteng, Gili Genting, Ganding, Praga, Dasuk, Rubaru, Batang-Batang, Batu Putih, Dungkek, Nunggunong, Masalembu, Batuan, dan Kangayan.

Baca:  Masyarakat Wong Suroboyo prihatin dengan Rumah Radio Bung Tomo

Sedangkan saingannya, Fattah Jasin-KH Ali Fikri, menang di delapan distrik. Guluk-Guluk, Ambunten, Pasongsongan, Gapura, Gayam, Raas, Arjasa, dan Sepekan.

Berdasarkan data KPU Sumenep Sirekap, 206.432 warga Sumenep tidak menggunakan hak pilihnya. Sedangkan berdasarkan hasil rekapitulasi manual KPU terdapat 189.468 warga.

Perbedaan data jauh dari jumlah penduduk yang tidak menggunakan hak pilihnya, karena di Sirekap tidak ada jumlah penduduk yang tidak memilih.

Sementara itu, Dosen Sosiologi Politik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Hannan menilai, kemenangan pasangan Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah tak lepas dari kekuatan figur pribadinya.

Sebab, dari segi dukungan partai, pasangan calon nomor urut 01 kalah dari paslon 02.

Pasangan calon Fauzi-Eva didukung partai dengan 20 kursi parlemen, Partai Gerindra 6 kursi, PAN 6 kursi, PDIP 5 kursi, UKM 2 kursi, dan PBB 1 kursi.

Sedangkan Paslon Fattah Jasin-KH Ali Fikri didukung oleh parpol dengan 30 kursi di parlemen, yakni 10 kursi PKB, 7 kursi PPP, 7 kursi Demokrat, 3 kursi NasDem, dan 3 kursi Hanura.

“Seharusnya kalau melihat kalkulasi dukungan parpol, pasangan calon 02 akan menang. Tapi ini politik, apapun itu mungkin dan mungkin,” kata Hannan menjelaskan.

Reporter: Abd Aziz
Editor: M Arief Iskandar
HAK CIPTA © ANTARA 2020