Kemarin, memperingati Hari Kartini dengan peran perempuan dalam politik

Kemarin, peringatan Hari Kartini sampai peran perempuan dalam politik

Jakarta (ANTARA) – Berbagai peristiwa politik berlangsung di Indonesia, Rabu (21/4), mulai dari berbagai perayaan Hari Kartini yang digelar sejumlah parpol hingga refleksi sejumlah politisi dan pemerhati representasi perempuan dalam politik.

Berikut lima opsi berita politik yang menarik dari ANTARA:

1. Ketua DPR mengajak generasi muda menjadi panutan Kartini

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak generasi muda Indonesia untuk meniru kisah perjuangan Raden Ajeng Kartini dan membangun kisah hidup saat ini.

“Kisah Kartini dan pahlawannya di masa lalu telah menginspirasi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Jadi generasi sekarang harus menciptakan life story yang menginspirasi generasi penerus bangsa Indonesia, ”kata Puan di acara bercakap-cakap merayakan Hari Kartini bertema “Perspektif Generasi Milenial terhadap Kartini” secara online di Jakarta, Rabu.

Baca lebih lanjut di sini.

2. Wasekjen Golkar: Keterwakilan perempuan di legislatif harus ditingkatkan

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Sekarwati, mengatakan keterwakilan perempuan di lembaga hukum harus ditingkatkan agar banyak undang-undang dan kebijakan yang berpihak pada kepentingan perempuan.

Menurutnya, hasil Pemilu 2019 menunjukkan minimnya keterwakilan perempuan di legislatif, khususnya DPR RI karena persentasenya masih di bawah 30 persen dari jumlah anggota DPR.

Baca lebih lanjut di sini.

3. DPP Perempuan Bangsa mendorong perempuan untuk terjun ke dunia politik

Dewan Perempuan Nasional (DPP), sebuah organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mendorong partisipasi perempuan, khususnya yang ada di Sulawesi Tenggara, untuk berkarya di bidang politik.

“Secara umum suara PKB kebanyakan berasal dari perempuan,” kata Ketua DPP Perempuan Nasional Siti Mukaromah saat berkunjung ke Kota Kendari untuk menyatukan diri dengan Cabang Perempuan Nasional di Sulawesi Tenggara yang bertepatan dengan Hari Kartini, Rabu.

Baca:  Masyarakat Wong Suroboyo prihatin dengan Rumah Radio Bung Tomo

Baca lebih lanjut di sini.

4. PDIP di Hari Kartini mendorong perempuan percaya diri untuk memasuki UMKM digital

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021 mendorong perempuan Indonesia untuk percaya diri berperan dalam menghidupkan kembali perekonomian, terutama memasuki sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) digital.

“Sekarang masalahnya tentang COVID-19. Lalu dampaknya pada ekonomi, lapangan kerja, kesehatan. Sedangkan untuk perekonomian banyak yang mengeluh tentang pengangguran dll. Namun, sekarang adalah kesempatannya, mari kita perjuangkan seperlunya. Roh kita, "kata Anggota DPRD DKI Jakarta, Agustina Hermanto, di Jakarta, Rabu.

Baca lebih lanjut di sini.

5. Pengamat: Reformasi kelembagaan partai politik yang lebih inklusif perlu didorong

Direktur Eksekutif Lembaga Indonesia (TII) Adinda Tenriangke Muchtar menilai perlunya mendorong reformasi kelembagaan partai politik yang inklusif, relevan dan responsif sehingga menjadi langkah perbaikan partai politik.

Adinda Tenriangke Muchtar menjelaskan hasil penelitian partainya menyebutkan bahwa parpol merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam sistem demokrasi. Namun, saat ini peran tersebut terhambat oleh lemahnya konstitusi internal partai.

“Lemahnya konstitusi membuat parpol cenderung lebih eksklusif sehingga ruang inklusi tidak terbuka sepenuhnya, terutama untuk keterlibatan perempuan dan anak muda,” kata Adinda dalam diskusi online di Forum Indonesia, Rabu.

Baca lebih lanjut di sini.

Reporter: Genta Tenri Mawangi
Editor: Nurul Hayat
HAK CIPTA © ANTARA 2021