Kemarin, monster Merah Putih dibesarkan sebagai obat penawar COVID-19 Unair

Jakarta (ANTARA) – Berbagai berita politik di Indonesia pada Minggu (16/8) menarik membaca berbagai berita politik di Indonesia pada Minggu (16/8) untuk mengawali informasi Anda pekan ini, antara lain:

Bendera merah putih raksasa dikibarkan di perbatasan Indonesia-Malaysia

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) – Yonif 133 / YS personel keamanan perbatasan (Satgas) dan warga mengibarkan bendera merah putih ukuran besar atau besar berukuran 60 meter x 20 meter dan ratusan bendera merah putih kecil di perbatasan Indonesia dan Malaysia tepatnya di Bukit Sinduk, Kabupaten Batang Lupar, kawasan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Kami mengibarkan bendera merah putih raksasa di atas bukit perbatasan untuk merayakan HUT RI ke-75," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133 / YS, Letkol Inf Hendra Cipta, dihubungi ANTARA di Putussibau. Kota Kapuas Hulu, Minggu.

Baca lebih lajut

Naskah asli proklamasi yang ditulis oleh Soekarno akan dipajang di Istana

Jakarta (ANTARA) – Naskah asli proklamasi yang ditulis di tangan Insinyur Soekarno akan disampaikan pada Momen Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8).

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyerahkan arsip sejarah tersebut pada Minggu untuk dipajang di podium kehormatan dalam upacara di halaman Istana Merdeka.

“Hari ini kita menyaksikan perjalanan bangsa Indonesia yang lain bahwa ANRI yang telah menyimpan, melestarikan, dan menyimpan arsip nasional berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno pada pernyataan proklamasi saat ini diserahkan kepada kita, Sekretariat Presiden,” kata Perwakilan Bidang Administrasi dan Manajemen. Rika Kiswardani Istana Sekretariat Presiden di Gedung O ANRI melalui keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu.

Baca lebih lajut

Upacara bendera memperingati 75 tahun Indonesia di Bogor

Bogor (ANTARA) – Pelaksanaan upacara bendera secara sederhana dan virtual dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia rencananya akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bogor di halaman Gedung DPRD Kota Bogor, bertepatan dengan HUT kemerdekaan RI, Senin (17/8), mulai pukul 07.00 WIB.

Baca:  Dalam politik kemarin, Wapres berbicara tentang K-Pop dan Mendagri berbicara tentang konser

Kepala Bidang Protokol dan Komunikasi Kepemimpinan Pemerintah Kota Bogor, Rudiyana, melalui telepon genggamnya di Bogor pada Minggu mengatakan, upacara bendera untuk memperingati puncak HUT ke-75 itu digelar secara live dan juga siaran langsung YouTube dari Pemerintah Kota Bogor.

Baca lebih lajut

Bamsoet: Jadikan momentum HUT Kemerdekaan Indonesia bebas COVID-19

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa menjadikan momentum HUT 17 Agustus untuk menggairahkan semangat kemerdekaan dari cengkeraman wabah COVID-19.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, peringatan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini harus dirayakan dengan cara yang berbeda akibat wabah COVID-19. Namun perbedaan tersebut tidak dapat memupuskan semangat seluruh elemen bangsa untuk memenuhi makna dan tujuan perjuangan rakyat. "Pahlawan nasional dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia," kata Bamsoet di Jakarta, Minggu (16/8).

Baca lebih lajut

Sekjen MUI dukung obat COVID-19 bagi bangsa untuk diberikan izin edar

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas mendukung kombinasi obat COVID-19 yang dikembangkan anak-anak Universitas Airlangga (Unair) bekerja sama dengan TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) agar segera diberikan izin produksi dan izin edar oleh Pemerintah.

"Kita harus mendukung penuh obat COVID-19 ciptaan bangsa untuk mendapatkan izin produksi dan distribusi," kata Abbas dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca lebih lajut

Reporter: Abdu Faisal
Editor: Tasarm Tarmizi
HAK CIPTA © ANTARA 2020