Kepala BNPT meresmikan rusun Pondok Pesantren Amanah Putra Poso

Kepala BNPT resmikan rusun di Ponpes Islam Amanah Putra Poso

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR, pemerintah terus berupaya untuk memperhatikan infrastruktur penunjang pendidikan seperti perumahan bagi siswa.

Jakarta (ANTARA) – Ketua Badan Nasional Anti Terorisme (BNPT), Komisaris Jenderal Pol Boy Rafli Amar meresmikan sebuah rumah susun di Asrama Sekolah Amanah Putra di Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hadir dalam peresmian tersebut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dan Pengawal Sekolah Asrama Amanah Putra, KH Muhammad Adnan Arsal.

“Kami percaya akan dijaga dengan baik dan selanjutnya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Sekolah Asrama Amanah Putra,” kata Boy Rafli dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Kepala BNPT berharap Pondok Pesantren Amanah Putra dapat berperan dalam menciptakan rasa damai dan menjaga perdamaian demi persatuan dan perdamaian di Poso serta menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Dirjen PUPR Kementerian Perumahan Rakyat Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan rasa bangga dan senangnya bisa terlibat dalam Tim Sinergi BNPT. Ia berharap dengan hadirnya rumah susun dapat mendorong mahasiswa untuk belajar dengan baik dengan fasilitas tempat tinggal yang nyaman.

“Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR, pemerintah akan terus berupaya memperhatikan infrastruktur penunjang pendidikan seperti perumahan bagi siswa,” kata Khalawi.

Menurutnya, saat ini Kementerian PUPR juga sedang menyelesaikan pembangunan rumah susun di pesantren lain di Sulawesi Tengah, salah satunya Sekolah Asrama Walisongo I Poso.

KH Muhammad Adnan Arsal mengaku senang dan berterima kasih kepada BNPT dan Kementerian PUPR karena pesantren memiliki rumah susun sehingga santri dapat menempati tempat yang layak.

Baca:  Pengamat: Ada kasus COVID "bom atom" jika pemilu tidak ditunda

Apartemen di Pondok Pesantren Amanah Putra merupakan tower dua lantai. Rumah susun yang dibangun dengan anggaran Rp 2,4 miliar ini memiliki luas 393,6 meter persegi dengan tipe hunian berupa empat barak yang mampu menampung 56 siswa.

Untuk menambah kenyamanan para siswa, Kementerian PUPR melengkapi rusun tersebut dengan berbagai fasilitas seperti air bersih, instalasi listrik, tempat tidur, kasur, 56 lemari pakaian dan WC umum, tempat wudhu.

Usai meresmikan rusun Pondok Pesantren Amanah Putra, Kepala BNPT didampingi Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Jenderal Hendri Paruhuman Lubis, Direktur Deradikalisasi Irfan Idris, dan Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas Bangbang Surono meninjau pembangunan gedung madrasah di Ponpes Wali Songo I Poso.

Baca juga: Kepala BNPT meresmikan yayasan yang dimulai mantan narapidana terorisme Poso
Baca juga: Kepala BNPT Kunjungi Ayam Bekas Napi Teroris di Poso

Reporter: Sigit Pinardi
Editor: Ahmad Wijaya
HAK CIPTA © ANTARA 2020