Ketua DPD meminta Pemprov tidak berhenti berinovasi

Ketua DPD ajak pemerintah provinsi tak berhenti berinovasi

Surabaya (ANTARA) – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengimbau Pemprov di Tanah Air terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.

“Daerah lain harus didorong untuk lebih giat berinovasi dengan melakukan terobosan-terobosan yang dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Senin.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan selamat kepada Provinsi Banten yang telah meraih penghargaan sebagai Provinsi Paling Inovatif dalam Innovative Government Award 2020 (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Ketua DPD RI memberikan lima hal kepada Unesa untuk mencetak SDM yang unggul
Baca juga: Ketua DPD RI menyinggung tentang peran tokoh Sumatera Barat dalam mempertahankan kemerdekaan
Baca juga: Ketua DPD Minta Atlet Diberikan Prioritas Vaksin COVID-19 Setelah Tenaga Kesehatan

Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur ini menilai, apresiasi ini bisa membuat Banten semakin inovatif untuk kesejahteraan warganya.

Salah satu keberhasilan inovatif Pemerintah Provinsi Banten adalah Sistem Pelayanan Perizinan Online (Sipeka) dalam Pelayanan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Daerah lain harus didorong untuk memfasilitasi masyarakat dalam menyelesaikan berbagai kebutuhan seperti layanan informasi, perizinan, pembayaran pajak kendaraan bermotor, serta layanan pengaduan melalui platform digital,” ujarnya.

Selain Banten, Kementerian Dalam Negeri juga memberikan predikat "sangat inovatif" kepada 195 pemerintah daerah berdasarkan indeks inovasi daerah.

“Ini menunjukkan semakin banyak inovasi yang dilakukan. DPD memberikan dukungan dan terus mendorong pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi tersebut,” kata LaNyalla.

Para senator dari daerah pemilihan Jawa Timur juga mengingatkan bahwa inisiatif daerah sejalan dengan garis kebijakan pemerintah pusat sehingga kepala daerah harus pintar-pintar berkoordinasi, seperti disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca:  Tommy menangkan PTUN, Partai Berkarya ajukan banding

Reporter: Fiqh Arfani
Editor: M Arief Iskandar
HAK CIPTA © ANTARA 2020