Ketua MPR mengingatkan agar pemilu jangan sampai merusak persatuan bangsa

Persatuan bangsa adalah tanggung jawab semua

Jakarta (ANTARA) – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia Bambang Soesatyo (Bamsoet) sependapat dengan harapan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno yang berharap Pemilu Bersama 2020 aman dan damai, tidak ada gesekan di masyarakat yang mengganggu persatuan dan keutuhan bangsa. .

“Persatuan dan kesatuan bangsa adalah tanggung jawab setiap orang, dan sebagai kader Pemuda Pancasila harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan agar tidak terpecah-pecah dalam pemilu. Instruksi Pimpinan Umum Pemuda Pancasila sangat jelas, jangan kita pisahkan karena pilihan yang berbeda. karena ada beberapa kader Pemuda Pancasila. ”kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, seusai rapat koordinasi antara Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila dengan dewan pimpinan daerah se-Indonesia hampir dari Bali, Selasa (27/10) malam.

Turut hadir dalam rapat koordinasi Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, selain Ketua Umum Japto Soerjosoemarno, Sekjen Arief Rahman, Wakil Ketua dan Ketua Daerah se-Indonesia.
Baca juga: MPR: Sumpah Pemuda Jadi Momentum Menggabungkan Nilai Pancasila

Ia mengingatkan, menjelang Pemilu 2020 akan ada pihak yang memanfaatkan perbedaan untuk memicu permusuhan karena tidak ada larangan perbedaan pendapat dalam pemilu, namun hati harus tetap bersatu dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sangat penting untuk dipahami bahwa beberapa menit di TPS akan menentukan masa depan negara. Namun, jangan sampai masa depan negara hancur karena adanya perbedaan pilihan dalam pemilu,” ujarnya.

Bamsoet yang juga Wakil Ketua Pemuda Pancasila mengimbau seluruh elemen bangsa untuk menghormati perbedaan yang ada. Jika ada perbedaan pendapat, bisa diselesaikan melalui dialog dan musyawarah, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Ia mengatakan bahwa harus selalu ada perbedaan, tetapi kita harus memperluas hati dan pikiran kita untuk selalu membuka ruang dialog karena melalui ruang dialog kita bisa saling menguatkan.
Baca juga: Wakil Ketua MPR: Kaum Muda Cegah Perpecahan Nasional

Reporter: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2020

Baca:  Tiga pasangan calon Pilkada Malang bersaing memperebutkan program dalam debat publik