KPU: 90 persen persiapan logistik Pilkada Solo

KPU: Persiapan logistik Pilkada Solo 90 persen

Persiapan logistik untuk pemungutan suara dan APD di tengah wabah COVID-19, sekitar 90 persen

Solo (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta menyebutkan, persiapan logistik untuk proses pemungutan suara dan alat pelindung diri (APD) Pilkada 2020 di Solo sudah mencapai 90 persen.

“Persiapan logistik untuk pencoblosan dan APD di tengah pandemi COVID-19, sekitar 90 persen,” kata Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti, di Solo, Minggu.

Menurut Nurul Sutarti, hampir semua logistik pencoblosan sudah dikirim ke KPU Surakarta, termasuk 429.231 surat suara yang diterima pada Sabtu (21/11) malam.

Nurul Sutarti menjelaskan, masalah logistik untuk pencoblosan masih kurang, hanya formulir seperti formulir dan sampul kursi, sementara yang lain sudah diterima sepenuhnya.

Senada, kata Nurul, logistik APD di tengah wabah COVID-19 yang belum diterima KPU Kota Surakarta hanyalah alat untuk mengukur suhu tubuh atau pistol termo dan pakaian hazmat. Partainya dijadwalkan akhir November, semuanya sudah siap, termasuk pengorganisasian dan kegiatan melipat.

Baca juga: KPU Solo Menyatakan Syarat Administrasi Calon Gibran Lengkap

Baca Juga: Bajo adalah Sejarah Kota Solo Rute Individu Pemilu 2020

Nurul mengatakan, pengiriman 429.231 surat suara Pilkada Surakarta hasil cetak PT Pura Barutama Kudus ke Kantor KPU Surakarta, Sabtu (21/11) malam, dengan pengawasan ketat baik dari pihak kepolisian maupun KPU.

Menurut dia, pihaknya mengirimkan dari lokasi percetakan di Kudus untuk memastikan surat suara sampai di KPU Kota Surakarta dengan baik dan lancar.

Jumlah surat suara sesuai Daftar Daftar Pemilihan Umum (DPT) Surakarta 2020 ditambah usulan 2,5 persen. DPT Pilkada Surakarta yang telah disetujui KPU sebanyak 418.283 orang. Jadi, jika dijumlahkan 2,5 persen maka totalnya adalah 429.231 surat suara.

Baca:  Ketua MPR menguji sirkuit F1 Istanbul Park Turkey

“Surat suara dikemas dalam 215 kotak, dan setiap kotak berisi 2.000 surat suara,” kata Nurul.

Dia mengatakan surat suara untuk sortir dan lipat akan diadakan pada 25 November, dan pada akhir bulan ini ditargetkan selesai, dan terus menyusunnya ke dalam kotak suara.

Kami menjadwalkan pemilahan dan pelipatan surat suara selesai akhir November, mempekerjakan sekitar 15 pekerja dengan tetap menjalankan tata tertib kesehatan, terutama '3M' (memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak), dan diukur sebelum masuk kamar. ”katanya.

Baca Juga: Plkada Solo, Gibran Blusukan "Online" Sapa Warga Kampung Dawung

Baca juga: Bajo ajukan 21.063 syarat dukungan perbaikan di Pilkada Solo

Reporter: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Chandra Hamdani Noor
HAK CIPTA © ANTARA 2020