KPU mengingatkan agar calon pasangan tidak memasang APK sembarangan

KPU ingatkan paslon tidak memasang APK sembarangan

Ada 11 strip protokol yang dilarang untuk instalasi APK

Rejang Lebong (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengingatkan empat pasangan calon (paslon) Pilkada Serentak 2020 di daerah ini, jangan memasang alat peraga kampanye (APK) di mana pun.

Koordinator Bidang Hukum KPU Rejang Lebong Fahamsyah, di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan keputusan nomor: 91 / PL.02.4-Kpt / 1702 / KPU-Kab / IX / 2020, tentang penetapan lokasi pemasangan APK yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten. Rejang. Lebong di Pilkada serentak 2020.

Dalam pelaksanaan Pilkada 2020 tidak ada zona hijau, kecuali jalan protokol. Ada 11 jalan protokol yang dilarang memasang APK, kecuali sekretariat, jadi rumah pasangan di jalan protokol termasuk posko asalkan melapor ke KPU Kabupaten Rejang Lebong dengan alamat yang jelas dan lengkap, "katanya.

Ia menjelaskan, jika nantinya di kawasan terlarang untuk memasang APK masih ada pasangan calon dan tim pemenang yang melakukan pelanggaran, maka Bawaslu akan menanganinya bersama jajaran Satpol-PP setempat.
Baca juga: KPU Rejang Lebong menargetkan 10 basis pemilih untuk Pemilu 2020

Menurut dia, 11 ruas jalan protokol dilarang memasang APK di kawasan ini, termasuk jalan perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Kabupaten Curup Selatan menuju lampu lalu lintas Desa Sukaraja, Kabupaten Curup Timur.

Kemudian Jalan Basuki Rahmat, Desa Dwi Tunggal, dimulai dari bundaran hingga Asrama Kodim Simpang Tiga, Desa Dwi Tunggal, Kabupaten Curup.

Selanjutnya menyusuri Jalan Santoso, Desa Dwi Tunggal, Jalan S Sukowati dari Bundaran hingga Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian dari Kantor Disdukcapil menuju Jalan Suprapto Simpang Empat Pasar Atas.

Lebih lanjut katanya, dari Jalan Simpang Empat Pasar Atas Suprapto ke Makodim 0409 / Rejang Lebong, Jalan Kartini hingga jalan sekitar Padang Setia Negara dan Markas Curup, lampu merah dari Jalan Merdeka ke Jalan AK Ghani Simpang Lebong sampai Jalan Salim Batu Lalu terus ke Jalan Zainal Abidin di belakang Pasar Bang Mego hingga Kepala Kantor Kelurahan Siring.

Baca:  Febri Diansyah mengundurkan diri dari KPK

Jalan Pangeran Diponegoro hingga Jalan Ade Irma Suryani (Pasar Atas), Jalan Ade Irma Suryani Simpang Empat Pasar Atas hingga lampu lalu lintas Desa Sukaraja dan Jalan AK Ghani Simpang Lebong hingga Jembatan Jawah, Desa Dusun Curup.

Selain mengeluarkan larangan pemasangan APK di jalan protokol, ia juga mengeluarkan larangan memasang APK di fasilitas umum seperti tempat ibadah termasuk pekarangan, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung pemerintahan dan lembaga pendidikan.

Larangan pemasangan APK di jalan protokol, kata dia, sudah disosialisasikan kepada tim penghubung empat pasangan calon Rejang Lebong, dengan harapan masing-masing pasangan calon bisa mematuhinya.
Baca juga: KPU Rejang Lebong menunggu instruksi pelaksanaan kampanye virtual

Reporter: Nur Muhamad
Editor: Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2020