KPU Riau memiliki kehadiran yang terbatas selama debat pemilu

KPU Riau batasi kehadiran saat debat pilkada

Pekanbaru (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau akan membatasi kehadiran pengunjung debat pasangan calon pemilihan serentak (Paslon) yang akan dimulai pada 12 November hingga 3 Desember 2020.

"Hanya empat wakil per pasangan calon yang diperbolehkan," kata Anggota KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Sabtu.

Baca juga: KPU Riau Sosialisasikan Cara Memilih kepada Masyarakat Adat

Baca juga: Bawaslu Riau pantau implementasi protokol kesehatan selama kampanye

Nugroho Noto Susanto mengatakan, kampanye saat pandemi COVID-19 sudah diatur sedemikian rupa dengan Peraturan KPU agar tidak menjadi kelompok penularan virus baru dari Wuhan.

Ia mengatakan, dasar hukum pengaturan temu massal selama Pemilu Bersama 2020 dibahas dalam PKPU tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Walikota dan Walikota. Nonalam Corona Virus 2019 (COVID-19).

“Selain mengatur kehadiran pasangan calon, perwakilan parpol hanya bisa hadir dalam debat sebanyak enam orang,” ujarnya.

Ia mengatakan, ketentuan perdebatan saat pandemi dalam Peraturan KPU di atas juga mengatur tentang keberadaan Bawaslu Provinsi Riau, kabupaten / kota yang hanya terdiri dari dua orang menurut tingkatannya.

“Ditambah lima anggota KPU kabupaten / kota, serta dua Bawaslu dan tentunya awak media debat mitra, dengan kewajiban melaksanakan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Virus Corona 2019 (COVID-19) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dan 9,” dia berkata.

Selain itu, setiap pasangan calon juga tidak diperkenankan membawa simpati. Tim KPU bersama polisi juga sepakat akan mengusir simpatisan yang datang ke lokasi debat calon.

Makanya kita diimbau untuk nonton bareng dengan membuat saringan untuk masing-masing calon di tempatnya masing-masing, ucapnya.

Baca:  IDI: Kluster demo akan memicu lonjakan COVID-19

Saat ini, ada satu kota dan delapan kabupaten di Provinsi Riau yang akan menggelar pilkada serentak tahun ini. KPU berharap implementasinya berjalan lancar di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: KPU sebut jumlah pemilih di sembilan kabupaten di Riau 2.458.859

Baca juga: 33 Calon Pilkada 2020 siap bertarung di wilayah Riau

Reporter: Vera Lusiana
Editor: Nurul Hayat
HAK CIPTA © ANTARA 2020