Megawati mengancam akan memecat kader yang melakukan kekerasan terhadap perempuan

Megawati ancam pecat kader yang melakukan kekerasan kepada perempuan

Saya bangga dengan orang tua saya karena memberi kami wanita yang tidak berbeda dengan pria. Masing-masing disuruh mengambil apa yang Anda ambil. Tidak ada bedanya dengan kakaknya

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri mengancam akan memecat kadernya yang melakukan kekerasan terhadap perempuan, atau tidak membela perempuan.

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin membesar. Kalau terus saya dengar siapa penyebab kekerasan? Dengan hormat saya pada laki-laki, ternyata pelaku kekerasan adalah laki-laki,” kata Megawati dalam sambutannya pada peresmian Sekolah Gelombang PDIP. 2020 serentak online, di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengimbau semua kader untuk secara tegas menaati kebijakan melindungi perempuan dan anak.

Baca juga: Megawati: Ada kader yang marah karena tidak terorganisir untuk maju dalam pilkada

Baca juga: Deklarasi KITA, Megawati: Banyak yang Ingin Jadi Presiden

Megawati membeberkan data tentang peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan. Apalagi saat pandemi COVID-19. Dan sebagian besar kekerasan itu dilakukan oleh laki-laki.

Menurut Megawati, hal ini ironis karena negara tidak akan tumbuh jika perempuan dan laki-laki tidak bersinergi seperti dua sayap burung.

“Apa maksudnya itu? Ya pasti laki-laki dan perempuan. Saya harus bicara perempuan. Kenapa? Sakitnya saya dapat laporan seperti itu. Saya ibu, nenek. Perempuan (kader PDIP) yang tidak membela rakyatnya, saya dipecat,” tegas Megawati. .

"Kalau saya dengar dari Anda ada yang melakukan kekerasan, saya akan pecat. Itu saja. Meskipun tadi saya katakan bahwa eksekutif itu keras banget, kenapa tidak diperjuangkan? Kalau ternyata keluarganya sendiri ditemukan, apalagi dengan orang yang butuh bantuan," benar tidaknya. "Coba jawab," kata Megawati di depan para peserta sekolah yang merupakan calon bupati.

Baca:  Kemarin, pesan Mendagri pada pjs gubernur Kepri hingga instruksi AHY

Megawati juga mengungkapkan betapa bangganya ia dengan pendidikan orang tuanya yang tidak membeda-bedakan laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Megawati Apresiasi Kedisiplinan Calon Bupati di Partai Sekolah

Baca juga: Megawati Pamer Buku Hingga Bupati Memahami Politik Nasional

"Saya bangga orang tua saya karena memberi kami wanita tidak ada bedanya dengan pria. Masing-masing disuruh ambil apa yang Anda ambil. Tidak ada bedanya dengan kakaknya," ujarnya.

Reporter: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
HAK CIPTA © ANTARA 2020