Menteri Perhubungan mendefinisikan Hari Kemerdekaan dengan mempersiapkan masa depan

Menhub maknai Hari Kemerdekaan dengan menyiapkan masa depan

Kalau Pak Jokowi dari Timor Tengah Selatan, saya pakai baju adat dari Pulau Rote

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaknai Hari Kemerdekaan RI ke-75 dengan mempersiapkan masa depan cerah.

“Mempersiapkan masa depan gemilang bangsa adalah perjuangan menjaga kemerdekaan bagi anak cucu kita,” kata Menkominfo dalam unggahan di media sosial Instagram resminya di Jakarta, Senin.

Menkominfo juga menyampaikan peringatan HUT RI ke-75 Luka Jantung di Istana Negara sangat berbeda karena berada di tengah-tengah wabah COVID-19.

“Tahun ini, masyarakat tidak bisa berpartisipasi langsung dalam upacara di Istana Negara. Sebagai imbalannya, pemerintah telah memberikan kuota undangan sebanyak 17.845 kepada masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini ada tiga tim pengibaran bendera. Ketiganya tergabung dalam proposal anggota Paskibraka 2019 karena pada tahun ini tidak ada pilihan untuk Paskibraka.

Upacara di Istana Negara juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah petugas yang hadir juga terbatas.

Selain Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, perwira lain yang hadir di Istana adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo (pembaca teks pengumuman), Menah Fachrul Razi (pembaca doa), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjhajanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Saya dan pejabat eselon 1 di Kementerian Perhubungan mengikuti upacara dari kantor kami. Saat online, kami menghadiri upacara dengan pakaian adat lengkap, seperti yang dilakukan Presiden dan Wakil Presiden serta peserta upacara lainnya di Istana Negara. , ”kata Menteri Perhubungan.

Kebetulan, diakuinya, dirinya memilih pakaian adat dari daerah yang sama dengan pakaian adat yang diakui Presiden Jokowi, yakni dari Nusa Tenggara Timur.

“Kalau Pak Jokowi dari Timor Tengah Selatan, saya pakai baju adat dari Pulau Rote,” kata Budi Karya.

Baca:  Empat calon kabupaten Mataram telah mendaftar di KPU Mataram

Baca juga: Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-75 secara online mendapatkan penghargaan rekor dunia
Baca juga: Di HUT RI ke-75, Mendikbud Pakai Songket Palembang

Reporter: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
HAK CIPTA © ANTARA 2020