Menurut Bawaslu, Pilkada Bandarlampung itu menarik

Bawaslu sebut pilkada Bandarlampung jadi salah satu sorotan

Bawaslu RI mengawasi langsung pilkada di Bandarlampung

Bandarlampung (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan bahwa pemilihan kepala daerah di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung menjadi salah satu sorotan partai dari tahap pendaftaran calon perseorangan hingga tahap kampanye saat ini.

“Kami Bawaslu RI memantau langsung pemilu di Bandarlampung sejak terjadi sengketa di tingkat pendaftaran calon perseorangan,” kata Anggota Bawaslu RI Bidang Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, persaingan perebutan kursi walikota dan wakil walikota di Bandar Lampung sudah sengit sejak tahap pencalonan hingga masa kampanye saat ini.

“Yang menjadi fokus kami selama masa kampanye di Bandarlampung adalah beberapa pelanggaran perusakan alat peraga kampanye dan politik uang serta netralisasi aparatur sipil negara (ASN),” ujarnya.

Ia mengingatkan, Bawaslu Bandarlampung dan panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) dapat menjaga profesionalitasnya dan memiliki kearifan dalam menjatuhkan hukuman atau teguran kepada calon kepala daerah.

Terkait kampanye pandemi COVID-19 saat ini, ia juga meminta kepada pemantau pemilu untuk terus melakukan sosialisasi atau menjelaskan kepada calon calon untuk menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam rapat terbatas yang hanya bisa dihadiri 50 orang.

Kemudian, panitia pengawas juga harus menjelaskan kepada tim pasangan calon tentang pemasangan APK agar bisa dipasang sesuai zona yang ditentukan agar tidak terjadi kerusakan.

“Jadi Bawaslu atau Panwascam harus memiliki kebijakan dan ketegasan berupa hukuman yang harus dijatuhkan terhadap pasangan calon atau pasukan kampanye yang melakukan pelanggaran sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.
Baca juga: Bawaslu Bandarlampung menyebut enam ASN melanggar netralitas
Baca juga: Bawaslu Bandarlampung Ingatkan Masyarakat agar APK tidak rusak

Reporter: Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2020

Baca:  Boni Hargens: BIN berkomitmen membantu negara dan bangsa