Organisasi partai lintas negara ucapkan selamat Yaqut jabat Menag

Organisasi partai lintas negara ucapkan selamat Yaqut jabat Menag
Jakarta (ANTARA) – Organisasi partai lintas negara Centrist Democrat International (CDI) mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atas pengangkatan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI.

“Pengangkatan Mr Qoumas menunjukkan peran esensial yang dijalankan oleh PKB dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan kontribusinya bagi kesentosaan masyarakat Indonesia secara luas,” ujar Presiden CDI Andres Pastrana dan Sekjen CDI Antonio Isturiz dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: PKB sebut CDI terima resolusi soal toleransi

CDI memandang Yaqut Cholil sebagai salah seorang inisiator Gerakan Global Humanitarian Islam dapat membangkitkan harapan besar untuk membangun aliansi internasional dalam mendorong terwujudnya tata dunia yang tertib hukum.

Selain itu, CDI yakin ditunjuknya Yaqut dapat menjadi jalan realisasi tekad Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memastikan Indonesia mengambil peran dan kontribusi untuk masa depan kemanusiaan dan peradaban dunia, seperti yang disampaikan dalam pidatonya pada Pertemuan Komite Eksekutif di Yogyakarta pada 23 Januari 2020.

Baca juga: Muhaimin sebut ekonomi dan religius adalah isu strategis di CDI

PKB menjadi anggota CDI, yakni sebuah koalisi politik internasional beranggotakan lebih dari 150 partai politik dari berbagai negara di seluruh dunia, pada tahun 2018.

Kaukus CDI di Eropa, European People’s Party (EPP), memenangi pemilu terakhir dan memegang mandat pemerintahan Uni Eropa saat ini.

Sejak itu PKB telah menggolkan tiga resolusi yang diterima secara aklamasi oleh CDI. Resolusi-resolusi itu diusung dalam konteks Gerakan Global Islam untuk Kemanusiaan (Humanitarian Islam).

Baca juga: CDI terima usulan PKB sebagai resolusi

Salah satunya adalah memuat hasil-hasil Bahtsul Masail Maudlu’iyyah dari Musyawarah Nasional Alim-Ulama Nahdlatul Ulama di Kota Banjar pada awal tahun 2019.

Baca:  Febri Diansyah mengundurkan diri dari KPK

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021