Pasangan Khairul-Habib Ali merupakan calon perseorangan yang sah untuk Pilkada Banjarmasin

Pasangan Khairul-Habib Ali sah calon perseorangan Pilkada Banjarmasin

Pasangan calon perseorangan ini bisa mendaftar ke KPU pada 4-6 September mendatang

Banjarmasin (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin menyatakan pasangan H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy (Khairul-Habib Ali) sah untuk maju melalui jalan bebas (merdeka) dalam Pemilihan Bupati (Pilkada) Banjarmasin 2020.

Kepastian itu dikemukakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi fakta dukungan perbaikan yang digelar di G'Sigh Hotel Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Ketua KPU Banjarmasin Rahmiyati mengatakan, satu-satunya syarat dukungan pasangan calon walikota dan wakil walikota dari jalur perseorangan di Pilkada Kota Banjarmasin sudah melebihi syarat minimal, yakni 43.433 eksemplar kartu tanda penduduk elektronik yang masih berlaku.

Persyaratan minimal dukungan warga hanya 38.003 untuk bisa maju melalui jalur perseorangan di Pilkada Kota Banjarmasin.

“Karena melebihi syarat, calon perseorangan bisa mendaftar ke KPU pada 4-6 September,” ujarnya.
Baca juga: UKM Resmi Hadirkan Ananda-Mushaffa di Banjarmasin Pilkada

Sebelumnya, pasangan Khairul-Habib Ali harus merevisi syarat syarat tunjangan total pada verifikasi fakta tahap pertama, yakni 2,570 lebih rendah dari syarat tunjangan minimal yang bisa dikumpulkan 38.003.

Kewajiban Khairul-Habib Ali untuk mengembalikan syarat tunjangan dua kali lipat dari kekurangan ini, tetapi Khairul-Habib Ali menyerah tiga kali lipat, yaitu 9.000.

Pada verifikasi fakta tahap kedua, syarat dukungan perbaikan yang diajukan oleh Khairul-Habib Ali dinyatakan memenuhi persyaratan (MS) 8.225, sehingga jumlah dengan kondisi yang disampaikan sebelumnya sebanyak 43.433.

Calon Walikota Banjarmasin melalui jalur perseorangan H Khairul Saleh mengucapkan terima kasih, atas perjuangannya menghimpun dukungan masyarakat untuk bisa maju sukses atau lolos.

“Kami berterima kasih kepada warga yang telah mendukung kami untuk maju melalui jalur perorangan ini. Tentu kami akan memperjuangkan kemenangan dalam Pilkada 9 Desember mendatang,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banjarmasin itu.

Baca:  Gubernur Babel mengingatkan, ASN tidak terlibat dalam politik praktis

Sedangkan pasangan Habib Muhammad Ali Alhabsy merupakan Ketua Rabithah Alawiyah Kota Banjarmasin.

Saat ini dipastikan ada empat pasangan calon walikota dan wakil walikota yang akan mengikuti Pilkada Kota Banjarmasin 2020, dan tiga pasangan lainnya melalui jalur dukungan parpol / gabungan parpol.

Calon lain yang juga dipastikan maju di Pilkada Banjarmasin adalah Hj Ananda dan Mushaffa Zakir dengan dukungan Partai Golkar, PAN dan UKM. Kemudian pasangan H Ibnu Sina dan H Arifin Noor didukung oleh PKB dan Partai Demokrat.

Terakhir, pasangan H Haris Makkie dan H Ilham Noor didukung Partai Gerindra, PPP dan PBB.
Baca juga: KPU Banjarmasin menyusul pengunduran diri Ahmad Firdaus
Baca juga: KPU Banjarmasin Tunda Pelantikan Anggota PPS

Reporter: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2020