Pimpinan MPR: Sidang tahunan adalah momentum untuk memperkuat semangat kebangsaan

Pimpinan MPR: Sidang Tahunan momentum perkuat semangat kebangsaan

Bandung (ANTARA) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia Hidayat Nur Wahid menilai penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI 14 Agustus mendatang merupakan momentum untuk memperkuat semangat kebangsaan saat Indonesia menghadapi wabah COVID-19.

“Diharapkan Sidang Tahunan ini dapat menguatkan jiwa nasionalisme, kita hadir saling menguatkan dalam mengatasi wabah COVID-19,” ujar HNW dalam Media Expert Meeting bertema “Sidang Tahunan MPR: Konvensi Tata Usaha Negara Dalam Rangka Laporan Kinerja Kelembagaan Nasional” di Bandung , Jumat.

Ia juga menyampaikan bahwa Sidang Tahunan MPR harus menjadi momen untuk mewartakan kebaikan dan kebahagiaan kepada seluruh masyarakat serta membangun dan mengobarkan semangat untuk bangkit kembali dan melakukan perbaikan.

Menurutnya, MPR RI ingin menegaskan, meski dalam situasi sulit seperti pandemi COVID-19, lembaga tersebut tetap menjalankan amanah konstitusi.

Baca juga: Fadel: Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan harus membawa harapan
Baca juga: MPR: Sidang Tahunan 2020, Lembaga Negara Serahkan Laporan Kinerja
Baca juga: MPR menerbitkan laporan tahunan lembaga negara secara online

“Di tengah wabah itu, kita tidak bisa tersesat dan dalam keadaan sulit terus mematuhi konstitusi sampai kita tidak bingung dan panik. Kita tidak bisa lepas dari cengkeraman ideologi dan posisi konstitusional negara,” ujarnya.

HNW mengatakan, pihaknya tidak ingin laporan kinerja lembaga negara dalam Sidang Tahunan MPR hanya basa-basi dan dilaksanakan tanpa memperhatikan kualitas.

Politisi UKM itu mengatakan, lembaga negara mempresentasikan kinerjanya di Sidang Tahunan MPR untuk menunjukkan keseriusan pekerjaan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang apa yang mereka lakukan.

“Laporan kinerja kelembagaan bukan laporan pertanggungjawaban kepada MPR tetapi kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, Kepala Biro Humas MPR RI Siti Fauziah berharap kerjasama yang baik dengan media dapat terus terjalin, termasuk dalam pelaksanaan Sidang Tahunan MPR.

Baca:  Presiden Jokowi berharap kader Gerindra bisa membantu negara melawan COVID-19

Ia meminta media massa turut serta menginformasikan kepada masyarakat tentang sidang tahunan tersebut karena sidang tahunan akan menjadi wajah Indonesia di mata dunia.

Karena kabar baik pada Sidang Tahunan ini akan membantu meningkatkan citra Indonesia di mata dunia, ”kata Siti.

Reporter: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
HAK CIPTA © ANTARA 2020