Rumah Bung Karno di Surabaya untuk Pendidikan Nasional

Rumah Bung Karno di Surabaya untuk edukasi kebangsaan

Surabaya (ANTARA) – Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan, tempat kelahiran Soekarno atau Bung Karno di Jalan Peneleh Gang Pandean IV Nomor 40, Kabupaten Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur yang sudah diserahterimakan kepada pemerintah kota bisa digunakan untuk pendidikan nasional.

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Selasa, mengapresiasi langkah Walikota Surabaya Tri Rismaharini dalam memproses penyerahan rumah bersejarah dari ahli waris kepada pemerintah kota bertepatan dengan HUT RI ke-75.

Terima kasih Bu Risma. Kepindahan Bu Risma bukan hanya untuk sejarah Surabaya, tapi untuk sejarah negeri ini, bahkan sejarah dunia karena Bung Karno juga seorang pemimpin dunia yang berpengaruh, ”ujarnya.

Baca juga: Warga Kampung Adat Buleleng mengibarkan bendera di rumah ibu Bung Karno

Dikatakan Adi, penyerahan rumah Bung Karno menegaskan identitas Surabaya sebagai dapur nasionalisme, sebagaimana yang disebut Bung Karno sebagai kota ini.

“Di kota inilah Bung Karno lahir dan dididik dalam dinamika pemikiran dan tindakan progresif untuk memerdekakan Republik. Di kota ini nasionalisme Indonesia merdeka tumbuh lebih cepat dibanding daerah lain yang masih bertumpu pada politik identitas geografis saat itu,” kata Adi.

Adi menambahkan DPRD Surabaya juga mendukung langkah Pemerintah Kota Surabaya menjadikan kawasan Peneleh sebagai pusat wisata pendidikan nasionalisme. Di sana, tambahnya, selain rumah kelahiran Bung Karno, ada juga rumah HOS Tjokroaminoto dimana Bung Karno dan banyak tokoh gerakan kemerdekaan memalsukan pemikirannya.

Selain itu, kata dia, di sekitar kabupaten ini juga terdapat Langgar Dukur Kayu di Kampung Lawang Seketeng, Makam Mbah Pitono, dan beberapa tempat bersejarah lainnya.

“Kami mendukung apa yang dilakukan Bu Risma untuk memperluas kunjungan pendidikan kebangsaan di kabupaten ini,” ujarnya.

Baca:  KPU menetapkan pasangan calon pada Pemilu 2020 di berbagai daerah secara online

Hal ini menurutnya sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui perjalanan hidup Bung Karno dan mengikuti nilai-nilai perjuangan dan ajaran Bung Karno yang memiliki kecintaan yang luar biasa kepada Indonesia.

Baca juga: 75 tahun kemerdekaan Indonesia, Ketua DPR ingat pesan Bung Karno

Baca juga: Menjaga Website Bung Karno, Gus Jazil: Agar Anak Cucu Memahami Sejarah

Reporter: Abdul Hakim
Editor: Nurul Hayat
HAK CIPTA © ANTARA 2020