Wakil Gubernur Papua mengukuhkan Leonard J Sawerdani sebagai Wakil Bupati Sarmi

Jayapura (ANTARA) – Wakil Gubernur Papua (Wakil Gubernur) Klemen Tinal mengukuhkan Leonard J Sawerdani sebagai Wakil Bupati Sarmi periode 2017-2020 menggantikan pejabat lama Yosina Insyaf yang saat ini menjalani hukuman penjara karena kasus korupsi.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Jayapura, Rabu, mengatakan sesuai mekanisme, perubahan waktu dilakukan karena delegasi lama tidak bisa.

"Kami bertindak sesuai dengan undang-undang untuk mengganti perwira lama dengan perwira baru untuk sisa dua tahun masa jabatannya," katanya.

Baca juga: Tim Kejaksaan Agung Tabur Tangkap Tahanan Narapidana Korupsi di Waduk Irigasi Papua
Baca juga: Hakim Tolak Gugatan Bupati Praja
Baca juga: Kejaksaan Agung Cabut Paksa Bupati Sarmi Papua

Menurut Klemen, pihaknya berharap pegawai baru tersebut mampu menjalankan pemerintahan dan tugas pokok serta fungsinya sebagai wakil bupati.

“Artinya, membantu bupati dalam mencapai visi dan misi yang disampaikan pada periode 2017-2020 kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga berharap agar perwira yang baru dilantik bisa menjaga ketentraman dan ketertiban, menjalin kerukunan dan hubungan baik dengan semua kalangan.

“Apalagi di Sarmi, baik pemerintah, yakni percabangan daerah, dengan DPR, tapi yang terpenting dengan masyarakat melalui tokoh Papua atau masyarakat yang ada,” imbuhnya.

Ia menambahkan, hal itu dimaksudkan agar memiliki akal sehat, agar Kabupaten Sarmi lebih maju karena daerah ini sudah berkembang dibandingkan daerah lain.

“Kabupaten Sarmi harus bisa menunjukkan kekuatannya dengan tidak menjadi bayang-bayang Jayapura, meski sama-sama berada di Tanah Tabi, tapi harus lebih maju dari Jayapura,” ujarnya.

Sebelumnya, Leonard J Sawerdani adalah seorang pensiunan prajurit TNI yang pernah menjabat sebagai Dandim 1712 / Sarmi 2017.

Reporter: Hendrina Dian Kandipi
Editor: M Arief Iskandar
HAK CIPTA © ANTARA 2020

Baca:  Walikota Surakarta: Ketua daerah harus bisa mengatur aspirasinya