Wapres mengomentari simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Cikarang Utara

Wapres tinjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Cikarang Utara

Simulasi ini merupakan bagian dari keseluruhan persiapan pelaksanaan vaksinasi yang telah direncanakan oleh Pemerintah

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau kegiatan simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, Kamis pagi.

Dalam survei tersebut, Wapres menyaksikan prosedur vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Simulasi ini merupakan bagian dari keseluruhan persiapan vaksinasi yang telah direncanakan oleh Pemerintah, ujar Ma'ruf Amin di Cikarang.

Wapres menjelaskan, ada persiapan yang dilakukan sebelum vaksinasi, antara lain penyediaan data penerima vaksin, level injeksi, mekanisme distribusi, dan model pengolahan limbah vaksin.

Baca juga: Presiden Berharap Pemberian Vaksin COVID-19 Desember

Baca juga: Pemerintah Simulasikan Vaksin COVID-19 untuk Memastikan Penerapannya Tepat

“Ada beberapa persiapan, antara lain menyiapkan data, nama-nama yang akan divaksinasi di seluruh Indonesia, kemudian tahapan, pendistribusian vaksinnya, serta bagaimana penanganan jumlah limbah vaksin,” ujarnya.

Wapres tiba di Puskesmas Cikarang Utara pada pukul 08.50 WIB dan langsung berkeliling meninjau simulasi vaksinasi COVID-19 bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Simulasi vaksinasi COVID-19 merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam mensosialisasikan vaksin COVID-19 yang saat ini sedang dalam uji klinis.

Penyebaran vaksin COVID-19 oleh Pemerintah bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya suntikan vaksin untuk memutus rantai distribusi COVID-19 guna mengakhiri epidemi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga meninjau pelaksanaan simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Sareal Land, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (18/11).

Presiden mengatakan, vaksinasi COVID-19 di Indonesia diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021, setelah melalui tahap pengujian dan verifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca:  KPU Pandeglang telah menyediakan ruang pemungutan suara khusus bagi pemilih dengan suhu tubuh tinggi

Baca juga: Presiden Jokowi mengomentari simulasi vaksinasi COVID-19 di Bogor

Reporter: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
HAK CIPTA © ANTARA 2020